Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Cara melihat spesifikasi laptop – hardware dan software, dua komponen utama yang membuat sebuah perangkat bekerja. Komputer dan laptop adalah sama, keduanya membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak yang baik agar dapat berfungsi dengan baik.

Perangkat keras dan perangkat lunak bekerja sama untuk menjalankan sistem untuk memudahkan tenaga kerja manusia. Jika komponen perangkat keras dan perangkat lunak utama rusak, laptop mungkin tidak berfungsi dengan baik atau tidak dapat menyala sama sekali.

Laptop memiliki spesifikasi yang dibawanya tergantung dari produsennya. Komponen laptop juga memiliki fitur yang unik dan tak tergantikan.

Untuk menyimpan file, sebuah laptop membutuhkan penyimpanan berupa harddisk atau SSD. Memori ini tidak dapat digantikan oleh perangkat lain, seperti VGA, karena fungsinya yang berbeda.

Komponen laptop berperan penting dalam kualitas kinerja treadmill. Tentu saja, untuk tugas-tugas berat seperti mengedit video dan pemodelan 3D, komponen VGA yang baik adalah suatu keharusan.

Untuk mengetahui performa sebuah laptop tidak perlu mengecek langsung dengan video editing atau 3D rendering. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan melihat spesifikasi laptop. Lalu bagaimana cara melihat spesifikasi laptop anda? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Spesifikasi untuk laptop dan komputer

Komputer dan laptop memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan hal ini selalu menjadi perdebatan terutama di kalangan gamers. Anda menginginkan komputer yang kuat tetapi hanya dapat digunakan di satu tempat, atau Anda ingin mengorbankan beberapa kinerja untuk menggunakannya di mana-mana.

Pada dasarnya keduanya menggunakan komponen yang berbeda, sehingga performanya pun berbeda.

Laptop atau komputer yang dilengkapi dengan komponen teknologi terbaru biasanya berkinerja jauh lebih baik daripada teknologi tahun-tahun sebelumnya. Komputer dengan komponen yang dapat dipertukarkan lebih mudah untuk diupgrade daripada laptop dengan komponen tetap atau tidak dapat dipertukarkan.

Jika ada perasaan bahwa suatu komponen tidak dapat mengikuti perkembangan perangkat lunak, pengguna komputer hanya perlu mengganti komponen yang perlu diperbarui, selebihnya tidak boleh diganti.

Mengapa spesifikasi dan pemilihan komponen begitu penting? Hal ini disebabkan oleh performanya saat menjalankan software tertentu. Faktanya, dunia game di komputer berkembang pesat.

Dulu, game hanya berukuran 500 MB dan dianggap sangat menuntut. Di zaman sekarang ini, beberapa game telah mencapai ukuran 100GB. Dengan kemajuan teknologi game seperti itu, dapatkah komputer dengan komponen lama mengikutinya? Tentu tidak.

Oleh karena itu, spesifikasi komputer dan laptop sangatlah penting dan tidak boleh dianggap remeh.

Karena perangkat lunak pada komputer dengan spesifikasi tertentu memerlukan perangkat keras yang baik, maka pemeriksaan spesifikasi wajib dilakukan. Bagi para gamer dan artis profesional, komputer yang digunakan tidak boleh sembarangan.

Lantas bagaimana cara mengecek spesifikasi komputer atau laptop? Untuk mengetahuinya simak ulasan di bawah ini tentang cara cek spek laptop.

Cara Cek Spesifikasi Laptop Windows 7,8,10

Salah satu software yang paling mendasar dan penting dari sebuah laptop adalah sistem operasi atau operating system. Sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini adalah sistem operasi Windows terbaru yaitu Windows 10. Namun masyarakat Indonesia juga menggunakan salah satu sistem operasi Windows yang beberapa tahun lalu belum pernah di update yaitu Windows 7 dan 8.

Mengapa Windows 7 dan Windows 8 masih digunakan meskipun tidak lagi diperbarui oleh Windows? Jawabannya karena sistem operasi ini merupakan sistem operasi ringan yang bisa digunakan di laptop spek rendah sekalipun. Tak heran jika masih banyak orang yang menggunakan laptop spek rendah karena laptop ini hanya digunakan untuk mengetik.

Tanpa basa-basi lagi, berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengecek spesifikasi laptop dan komputer di Windows 7,8,10:

Melalui Properties My Computer

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan cara yang paling umum dan standar dari laptop anda yaitu by properties. Triknya adalah:

  1. Buka File Explorer atau Komputer Saya
  2. Klik kanan ikon PC ini.
  3. Pilih “Properti”

Melalui panel kontrol

Selanjutnya adalah Control Panel, salah satu cara dasar untuk mengecek spesifikasi laptop. Ikuti langkah ini:

  1. Tekan tombol “Windows + R” pada keyboard Anda
  2. Ketik “Panel Kontrol”.
  3. tekan enter
  4. Klik “Sistem dan Keamanan”
  5. Kemudian klik “Sistem”

Cara ini menampilkan informasi yang sama dengan cara pertama yaitu spesifikasi dasar laptop. Cara ini dikenal sebagai alternatif dari cara pertama dan memiliki hasil yang sama seperti melihat spesifikasi laptop melalui Properties. Untuk melihat spesifikasi dasar seperti ini, gunakan cara pertama atau kedua tergantung preferensi Anda.

Melalui Alat Diagnostik DirectX

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan alat diagnostik DirectX yang lebih dikenal dengan “DXDiag”. Nama DXDiag berasal dari cara kita mengetik dxdiag untuk membuka bagian spec. Triknya adalah:

  1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard Anda
  2. Ketik “dxdiag” di kolom Buka
  3. tekan enter
  4. Jendela Alat Diagnostik DirectX muncul

Berbeda dengan cara pertama, cara ini akan menampilkan spesifikasi laptop Anda lebih detail. Di bagian “System”, selain merek dan tipe laptop, Anda juga dapat melihat sistem operasi, prosesor, jenis BIOS, jumlah RAM, dan versi DirectX.

Pada bagian Display Anda dapat melihat jenis GPU atau VGA yang digunakan. Jika laptop Anda memiliki VGA tambahan seperti NVIDIA atau RADEON, Anda dapat melihatnya di bagian Rendering. Audio dan Input juga dapat digunakan untuk menampilkan add-ons yang terpasang pada laptop, seperti keyboard, mouse dan speaker.

Menggunakan aplikasi CPU-Z

Apakah ketiga cara di atas masih kurang detail? Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan aplikasi tambahan untuk mendapatkan informasi dari laptop Anda. Aplikasi ini sangat populer untuk melihat spesifikasi laptop karena informasinya sangat detail dan bisa anda dapatkan secara gratis. Aplikasi ini bernama CPU-Z. Silakan ikuti langkah-langkah ini:

  1. Unduh CPU-Z dari situs web resmi
  2. Setelah unduhan selesai, instal aplikasi CPU-Z
  3. Tunggu hingga penginstalan aplikasi selesai
  4. Jalankan aplikasi aplikasi CPU-Z

Informasi dari CPU-Z sangat detail. Tidak hanya jenis suku cadang, tetapi juga nomor seri dan informasi penting lainnya tentang produk dan perusahaan yang membuatnya. Terdapat beberapa menu pada CPU-Z yaitu CPU, Cache, Mainboard, Memory, SPD, Graphics, Bench, dan About yang semuanya digunakan untuk mengontrol semua spek dan part laptop anda.

Processor, RAM, VGA ditampilkan pada menu utama yaitu CPU, Memory, SPD dan Graphics. Bahkan, beberapa menu menampilkan tegangan dan kecepatan clock secara real time, yang berarti perubahan tegangan pada komponen juga ditampilkan dalam aplikasi ini.

Penggunaan Speccy

Selain menggunakan CPU-Z, Anda bisa menggunakan aplikasi selanjutnya yang bernama Speccy. Sama seperti CPU-Z, Speccy juga bisa didapatkan secara gratis dari situs resminya. Sebenarnya aplikasi ini tidak sedetail CPU-Z, namun bagi anda yang merasa bingung karena informasi komponen yang ditampilkan pada CPU-Z terlalu detail, Speccy bisa menjadi solusi fallback. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Unduh Speccy dari situs web resmi
  2. Setelah unduhan selesai, instal aplikasi Speccy
  3. Tunggu hingga penginstalan aplikasi selesai
  4. Jalankan aplikasi Speccy
  5. Mirip dengan CPU-Z, Speccy menampilkan berbagai informasi tentang komponen laptop Anda berdasarkan kategori. Tinjauan, Sistem Operasi, CPU, RAM, Motherboard, Grafik, Penyimpanan, Drive Optik, Audio, Periferal, dan kategori Jaringan tersedia.

Semuanya menampilkan informasi detail tanpa membingungkan pengguna. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakannya untuk meninjau spesifikasi laptop Anda secara detail, tetapi dengan informasi yang lebih mudah dicerna.